21 Mei 2022

Peringati HPN ke 76, PD 14 Gelar Pelatihan Jurnalistik

170 Pengunjung

Medan, Rentaknews.com – Perkumpulan Masyarakat Demokrasi Empatbelas Sumatera Utara (PD 14 Sumut) menggelar pelatihan jurnalistik di De14 Cafe, Jalan Armada, Medan, Sabtu (12/2/2022). Sebanyak 15 peserta ikut ambil bagian dalam pelatihan ini.

Dalam pelatihan ini, panitia penyelenggara menghadirkan tiga orang narasumber, masing-masing: Hendra (sumutpos.co), Jafar Sidik (rentaknews.com), dan wartawan senior Chairul Pasaribu. Turut hadir pula Pembina sekaligus Pendiri dari PD 14 Sumut: HM Nezar Djoeli dan Muhri Fauzi Hafiz.

Dalam kata sambutannya, Ketua PD 14 Sumut Ahmad Fauzi Pohan mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini sekaligus untuk ikut memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 76.

“Dengan dilaksanakan pelatihan jurnalistik ini, tentunya kami mengharapkan, akan lahir jurnalis-jurnalis muda berbakat yang mampu bekerja professional, yang tentunya sesuai dengan kode etik jurnalistik yang telah disampaikan oleh narasumber,” ujar Fauzi Pohan.

Sementara, Pembina PD 14 Sumut HM Nezar Djoeli dalam sambutannya mengatakan,

“Pers sebagai salah satu pilar demokrasi berperan penting dalam pembangunan bangsa. Untuk itu, diharapkan pelatihan jurnalistik yang diprakarsai oleh PD 14 Sumut ini, dapat melahirkan sosok-sosok muda berkarakter, yang nantinya dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa, khususnya Sumatera Utara.”

Dalam pelatihan tersebut, Hendra yang merupakan Pemimpin Redaksi media online Sumutpos.co, memaparkan teknik-teknik wawancara kepada para peserta. Sementara Jafar Sidik sebagai seorang redaktur, menjelaskan teknik penulisan (menulis berita). Sedangkan Chairul Pasaribu memperkenalkan jurnalistik secara umum.

Reporter : Jafar Sidik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *