21 Mei 2022

SMSI dan PWI Sumut Siap Bersinerji Sukseskan HPN 2023 di Medan

117 Pengunjung

Medan – Rentaknews.com. – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, siap bersinergi menyukseskan penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang di Kota Medan dan kemungkinan beberapa lokasi lainnya di Sumut.

Penegasan itu didampaikan Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung, Sabtu (12/2/2022) setelah beberapa kali berbicara dengan Ketua PWI Sunut Farianda Putra Sinik di Kendari Propinsi Sulawesi Tenggara pada rangkaian HPN 2022 yang puncak acaranya 9 Februari dihadiri Presiden RI Joko Widodo secara virtual.

Selama di Kendari, SMSI Sumut yang berangkat dengan pengurus harian lengkap plus sebanyak 15 orang ikut mensosialisasikan dan mendorong jajaran terkait, khususnya jajaran SMSI se-Indonesia untuk mendukung pelaksanaan HPN 2023 dilaksanakan di Medan Propinsi Sumut.

“Saya dan Pak Farianda telah bertemu beberapa kali di Kendari. Kami memiliki pandangan yang sama untuk sukses HPN 2023 di Medan. Sesama konstituen Dewan Pers, SMSI siap bersinerji dengan PWI dan konstituen lainnya,” ujarnya.

Didampingi Sekretaris SMSI Sumut Erris J Napitupulu, Bendahara Irwansyah dan pengurus lainnya Dis juga menyampaikan apresiasi dan bangga atas sikap Gubsu Edy Rahmayadi dan Walikota Medan M Bobby A Nasution yang merekomendasikan kesiapan Sumut maupun Kota Medan selaku tuan rumah HPN 2023.

“Selaku organisasi tempat berhimpunnya pemilik dan penanggungjawab media siber dengan anggota sekira 150 media jurnalistik online maka SMSI berkepentingan kehidupan pers terus semakin sehat dan maju yang antara lain dipacu melalui semangat HPN,” tegasnya.

Zulfikarnmenambahkan, HPN merupakan momentum merevitalisasi dan menguatkan komitmen bagi tetap eksisnya pers Indonesia termasuk Sumut dalam melaksanakan profesinya dilandasi nilai-nilai kejuangan dan nasionalisme bangsa dalam koridor negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


“HPN bukan hanya milik pers semata melainkan milik seluruh masyarakat karena hakekatnya pers adalah sama dan sebangun dengan masyarakat itu sendiri. Oleh sebab itu HPN 2023 yang kemungkinan digelar di Sumut sesungguhnya adalah even masyarakat Sumut,” sebut Ketua SMSI ini.

Berdasarkan komunikasi pihaknya dengan jaringan SMSI se Indonesia, lanjut Zulfikar, umumnya mereka mendukung HPN di Medan 2023 mendatang. Selain berbagai sarana dan prasarana dinilai sangat representatif, juga didasarkan historis bahwa Sumut merupakan gudangnya tokoh pers yang dikenal secara nasional dengan kehidupan persnya yang dinamis sejak dahulu hingga kini.

Selain itu mereka juga mengetahui Sumut memiliki potensi objek wisata dan khasanah seni budaya yang sangat besar dan kaya seperti Danau Toba dan lainnya sehingga mereka berharap selain kegiatan pers maka HPN 2023 di Sumut dapat juga dinikmati para peserta untuk berwisata. (r/Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *