21 Mei 2022

200 Mahasiswa Siap Diterjunkan Bantu Program Bangga Kencana BKKBN

68 Pengunjung

Medan,Rentaknews.com. Sebagai tindak lanjut rapat pembahasan Praktek Belajar Lapangan (PBL) tematik yang berlangsung di FKM, kembali diadakan rapat mengenai penyusunan silabus materi Program Bangga Kencana untuk pembakalan bagi dosen dan mahasiswa.

Pada pembekalan PBL tematik kali ini dilaksanakan di Aula Utama Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Utara, Selasa, (15/2).

Rapat dibuka Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sumatera Utara, Mhd. Irzal, SE, ME.

Dalam arahannya, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, mengatakan, pertemuan ini bertujuan untuk memantapkan materi dan susunan kegiatan yang akan dilakukan saat pembekalan PBL.

Tujuannya adalah bagaimana agar mahasiswa yang berjumlah kurang lebih 200 orang yang nanti akan terjun ke lapangan, dapat membantu program Bangga Kencana khususnya dalam mendapatkan peserta KB baru maupun peserta KB yang berganti cara,” ungkapnya.

BKKBN Sumatera Utara sendiri akan berperan dalam memfasilitasi pemberian materi mengenai program Bangga Kencana kepada mahasiswa yang akan turun ke lapangan.

Beberapa di antaranya adalah materi mengenai jenis, alat, dan obat kontrasepsi, strategi pembangunan keluarga, dan Teknik Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana.

Selain itu, BKKBN juga akan memfasilitasi penyediaan alokon yang dibutuhkan saat mahasiswa melakukan PBL.

Deputi Lalitbang BKKBN, Prof. M. Rizal Martua Damanik, yang turut hadir dalam rapat ini, meminta agar target sasaran disesuaikan dengan generasi milenial, x, y, dan z.

BKKBN saat ini berdasarkan Perpres 72 Tahun 2021 telah ditunjuk sebagai koordinator pelaksana percepatan penurunan stunting, karena itu hendaknya dimasukkan juga materi mengenai stunting ini pada saat pembekalan dan dapat berkolaborasi dengan Tim Pendamping Keluarga (TPK),” harapnya.

Rapat ini turut dihadiri oleh utusan dari FKM USU, Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Sumut, Dinas PPKB Prov. SU, Widyaiswara BKKBN Sumut, dan Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) BKKBN Sumut.

Sebagai informasi, pada tanggal 17 Januari lalu, Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka program percepatan penurunan angka stunting telah ditandatangani Perwakilan BKKBN Sumut bersama 24 Perguruan Tinggi di Sumatera Utara, salah satunya Universitas Sumatera Utara.(r/Wahyu P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *