21 Mei 2022

Tunaiku Membantu Masyarakat di Masa Pandemi

81 Pengunjung

Medan, Rentaknews.com – Tunaiku, platform pinjaman digital berbasis aplikasi pertama di Indonesia dari PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank). Bank dengan digital pure-play pertama dan satu-satunya di Indonesia ini, membantu masyarakat mengatasi tantangan keuangan mereka selama pandemi melalui kampanye #SemuaBisaLebih.

Diselenggarakan melalui media sosial, kampanye ini mengadakan kompetisi #TunaikuTambahinModal yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pinjaman produktif guna memperbaiki hidup menjadi lebih baik dan memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Kompetisi ini berhasil menarik lebih dari 300 peserta yang berbagi cerita dan aspirasi finansialnya, serta 4 pemenang terpilih dengan cerita terbaik yang menerima pendanaan dari Tunaiku untuk mewujudkan aspirasi finansial dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Masa pandemi ini merupakan waktu yang tidak mudah untuk kita semua, terutama bagi mereka yang memiliki sumber daya terbatas untuk memenuhi kebutuhan. Hal inilah yang menginspirasi kami untuk membuat kampanye #SemuaBisaLebih dan kompetisi #TunaikuTambahinModal,” ungkap Abraham Lumban Batu, Executive Vice President Retail Banking PT Bank Amar Indonesia Tbk.

“Di Amar Bank, kami sangat percaya bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas hidup, dan melalui Tunaiku, kami ingin membuktikan bahwa #SemuaBisaLebih dengan memberikan solusi bagi masyarakat Indonesia di keadaan saat ini yang membutuhkan platform pinjaman digital yang cepat, mudah, dan aman, khususnya bagi mereka yang masih belum memiliki rekening bank dan kurang terlayani. Pandemi telah membuat kesenjangan yang sangat besar terutama bagi mereka yang belum memiliki rekening (unbanked) dan belum terlayani oleh perbankan (underserved), oleh karena itu para nasabah inilah yang menjadi perhatian utama Tunaiku karena mereka yang paling terdampak,” tambah Abraham.

Kompetisi “#TunaikuTambahinModal” merupakan bagian dari kampanye Tunaiku #SemuaBisaLebih oleh Amar Bank. Sebagai platform pinjaman digital tanpa agunan, Tunaiku membantu 4 pemenang terpilih mewujudkan aspirasi keuangan dan kebutuhan produktif mereka selama pandemi ini, serta mengedukasi tentang literasi keuangan dan mendorong mereka untuk berbagi cerita tentang bagaimana Tunaiku dapat membantu menyelesaikan masalah keuangan seperti untuk kebutuhan keluarga sehari-hari, modal bisnis, kesehatan, renovasi rumah, dan pengembangan diri guna meningkatkan taraf hidup.

Melibatkan influencer seperti Baim Wong, Ega Alfariz, Haris Vriza, Bude Sumiyati, dan Ruben Onsu, kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pinjaman produktif guna meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik dan memaksimalkan potensi mereka.

Memanfaatkan program podcast Ruben Onsu, “The Onsu Podcast” di Instagram, serial podcast oleh Ruben Onsu di mana orang-orang dan bintang tamu berbagi kisah dan perjuangan pribadi mereka.

Ruben mengundang empat bintang tamu dari berbagai latar belakang untuk berbagi cerita tentang masalah mereka yang mayoritas mengenai kesulitan finansial dan bagaimana Tunaiku sebagai platform pinjaman digital dapat memberikan pinjaman yang mudah, aman, dan cepat, serta membantu menyelesaikan masalah finansial seperti biaya kebutuhan sehari-hari, pendidikan, renovasi rumah, kekurangan modal untuk usaha, dan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Ruben juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini dan berbagi cerita di kolom komentar tentang bagaimana mereka menggunakan Tunaiku sebagai platform pinjaman digital guna meningkatkan kehidupan mereka melalui pendanaan untuk modal bisnis, memenuhi kebutuhan produktif, dan mencapai tujuan keuangan.

“Tunaiku dari Amar Bank sangat membantu masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 yang juga berdampak terhadap keadaan perekonomian saat ini. Banyak masyarakat yang kesulitan memulai atau mempertahankan usaha karena kekurangan modal di keadaan yang tidak terduga ini. Oleh karena itu, platform pinjaman yang cepat, mudah, dan aman pasti akan sangat membantu banyak orang dalam menghadapi tantangan keuangan untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” ungkap Ruben.

Satu dari empat pemenang, Kandi Aryanto, membagikan kisahnya sebagai ayah baru dengan satu anak. Bayi laki-lakinya yang berusia 17 bulan sedang sakit dan dirawat selama 13 bulan karena penyakit paru-paru, namun dia tidak bisa tinggal di Cirebon bersama istri dan merawat anaknya karena dia harus bekerja di Jakarta untuk membiayai pengobatan.

Berpartisipasi dalam kompetisi #TunaikuTambahinModal, Kandi mengatakan bahwa dia ingin sekali mendapatkan modal untuk membuka kios sendiri di depan rumahnya sehingga masih bisa mendapatkan penghasilan sambil tetap dekat dengan keluarga dan membantu istrinya merawat anak sulung mereka.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya kompetisi dari Tunaiku ini, karena dapat membantu orang-orang seperti kami yang ingin memulai usaha kecil-kecilan. Di masa pandemi ini, mencari pekerjaan sangatlah sulit, dan memulai bisnis juga sulit dengan dana yang terbatas. Dengan adanya kompetisi #TunaikuTambahinModal, saya dan orang lain seperti saya bisa memulai bisnis dan berkesempatan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga,” ungkap Kandi Aryanto.

Kompetisi yang diadakan dari tanggal 12 hingga 30 Januari 2022 telah berjalan dengan sukses, terbukti dari peningkatan traffic organik Tunaiku (5,29%) dan pengguna baru (4,64%) selama kampanye. Dengan lebih dari 300 peserta yang mengikuti kompetisi #TunaikuTambahinModal, kampanye ini mendapatkan reaksi positif dari masyarakat yang menganggapnya tidak hanya bermanfaat tetapi juga edukatif dalam hal pengelolaan keuangan.

SemuaBisaLebih merupakan sebuah kampanye dari Amar Bank untuk mendorong masyarakat, terutama mereka yang belum memiliki rekening (unbanked) dan belum terlayani perbankan (underserved), agar mereka dapat berbuat lebih banyak dalam kehidupan untuk mencapai tujuan keuangan mereka dengan menggunakan Tunaiku.

Dengan mengadakan kompetisi #TunaikuTambahinModal, kampanye ini mengajak masyarakat berbagi cerita dalam menggunakan Tunaiku untuk kebutuhan produktif mereka serta mendorong orang lain memanfaatkan pinjaman produktif agar dapat mewujudkan aspirasi keuangan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Sejak tahun 2014, Amar Bank berkomitmen untuk menyediakan keuangan digital yang dapat diandalkan, terutama untuk melayani mereka yang belum memiliki rekening bank (unbanked) dan belum terlayani perbankan (underserved) di Indonesia, dan salah satunya melalui kampanye #SemuaBisaLebih sebagai upaya untuk berkontribusi dan bentuk kepedulian kepada masyarakat. Melalui Tunaiku, Amar Bank telah memperluas akses ke layanan keuangan di Indonesia untuk membantu masyarakat yang belum memiliki rekening bank dan kurang terlayani, serta memungkinkan mereka untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Reporter : Rizanul Arifin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *