15 Agustus 2022

DHD 45 Gelar Dialog Nasional Kebangsaan tentang Pancasila

55 Pengunjung

Medan, RNc – Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Sumut akan menggelar Dialog Nasional Kebangsaan dengan tema “Merefleksikan Pancasila Dalam Keseharian Ditengah Tantangan Globalisasi dan Demokratisasi”.

Rencana itu diungkapkan Ketua Umum DHD 45 Sumut Mayjen TNI (Purn.) M. Hasyim, Minggu (19/06/2022) di Gedung Juang 45 Sumut Jalan Pemida No 17 Medan. Dia didampingi Sekretaris Umum DHD 45 Sumut Dr. Eddy Syofian, M.AP dan Ketua Panitia Dra. Hj. Risnawaty Dartatik Damanik.

Jenderal Hasyim menyebutkan Dialog Nasional Kebangsaan ini dimaksudkan untuk menyegarkan kembali nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari karena Pancasila itu adalah milik semua rakyat Indonesia.

“DHD45 sebagai kekuatan moral merasa terpanggil dan telah bersepakat bulat untuk terus mengupayakan pelestarian jiwa, semangat dan nilai kejuangan 45 sebagai suatu nilai kejuangan bangsa yang nilai tersebut bersumber dari Pancasila,” ujar Jenderal Bintang dua ini.

Sementara itu Sekretaris Umum DHD 45 Eddy Syofian dan Ketua Panitia Dialog Nasional Hj Risnawaty Dartatik Damanik menjelaskan, Dialog Nasional Kebangsaan ini akan menghadirkan empat orang narasumber yang berasal dari Jakarta dan Medan.

Ke empat narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Yudhi Latif, MA (Pakar Pancasila) dengan judul: “Keteladanan Dalam Kepemimpinan Pancasila”, Dr. Anhar Gonggong, MA (Sejarahwan/ Lemhannas RI) dengan judul : “Pancasila Dalam Sejarah dan Pandangan Antropologis dan Kemungkinan Masa Depan Indonesia”.

Sedangkan Prof. Dr. Syawal Gultom, MPd (Guru Besar Unimed) dengan judul: “Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Generasi Idaman Pancasila”, dan Drs. Yance Witjes, MSi (Dosen FISIP USU) dengan judul : “Budaya Berbasis Pancasila Sebagai Leading Sector Pembangunan Indonesia”.

Menurut Eddy Syofian, kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Gubsu Edy Rahmayadi di Aula T. Rizal Nurdin pada Rabu, 22 Juni 2022 pukul 08.00 WIB.
“Konfirmasi kami dengan protokol, Insah Allah Bapak Gubsu menghadiri langsung,” ujarnya.

Ketua Panitia Hj. Risnawaty Dartatik menyebutkan peserta terbatas hanya 200 orang dan setiap peserta akan diberikan sertifikat. Peserta Dialog diikuti antara lain, guru-guru mata pelajaran PPKN tingkat SMA/SMK/MAN se-kota Medan, utusan Ormas, utusan mahasiswa FISIP USU, utusan mahasiwa FIB USU, utusan mahasiswa FIS Unimed, utusan mahasiswa FIS UINSU, utusan Kwarda Pramuka, utusan Organisasi Pemuda, utusan Forum Stragis Pemprovsu, Pengurus DHD 45 Sumut dan DHC 45 Kabupaten/Kota terpilih. (h/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *